Virus Influenza Dapar Memicu Kepunahan Pohon

tahukah kamu?
Penyakit flu yang disebabkan oleh virus influenza ternyata dapat mempercepat kepunahan pohon berkayu dan merusak ekosistem hutan.
Fakta ini ditemukan oleh Putri Setiani, ST. (amin..) tadi sore.

Bagaimanakah proses ini terjadi?
Yang pasti virus influenza tidak setega itu untuk menginfeksi tumbuhan jadi bersin-bersin, sampai akhirnya daun di dahan pohon gugur semua dan pohonnya layu karena tidak bisa berfotosintesis.
Pun tidak dengan mekanisme perusakan sistem imunitas pohon terhadap pengaruh lingkungan.

Lalu?
Sederhana saja, pada saat terserang penyakit flu, otomatis pemakaian tissue oleh penderita akan meningkat berkali-kali lipat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan (terhadap diri sendiri), pemakaian tissue saat sedang terserang penyakit flu dapat mencapai 90 helai per hari. Perkiraan tersebut berdasarkan pada asumsi sebagai berikut :
- Pemakaian tissue adalah 5 helai per jam
- Waktu aktif pemakaian adalah 18 jam per hari (6 jam sisanya digunakan untuk tidur)

Kenyataannya, tissue adalah salah satu hasil olahan dari pulp (bubur kayu) yang berasal dari pohon di hutan. Semakin banyak orang yang menderita flu berarti semakin banyak permintaan pasar terhadap tissue, yang juga berarti semakin banyak pohon yang ditebang untuk memproduksi tissue. Teganya kita, membiarkan sebatang pohon tua -yang telah banyak berjasa pada alam sekitarnya- ditebang hanya untuk memastikan bahwa kita dapat bersin2 dengan leluasa! (Sudahkan saya membuat Anda merasa bersalah? belum yaa..)

Efek lain yang diakibatkan oleh meningkatnya timbunan sampah tissue adalah, bahwa kebanyakan pabrik tissue (terutama yang merk-nya tidak jelas) menggunakan bahan pemutih tambahan yang mengandung klorin dalam proses produksinya. Apabila tidak diolah sebagaimana seharusnya, kandungan klorin ini akan bereaksi dengan senyawa organik di alam dan membentuk organoklor, senyawa yang bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). (Mudah-mudahan saya sudah membuat Anda berpikir ulang untuk membuang-buang tissue.. ^^)

Menjaga diri agar tetap sehat dan jauh dari penyakit -khususnya flu- ternyata merupakan cara tersendiri untuk bersikap ramah terhadap lingkungan. Jadi? Yuu mari, jaga kesehatan! Dan tetaplah bersikaplah ramah terhadap lingkungan..

Oh iya, cara penulisan yang benar untuk kata 'tissue' dalam Bahasa Indonesia itu bagaimana sih?


NB : Untuk Anda, yang terpaksa harus menggunakan tissue banyak-banyak, saya merekomendasikan merk'PASEO', karena tidak menggunakan bahan permutih tambahan dalam proses produksinya.
Untuk PASEO, ini memang bukan blog komersil sih, tapi saya tidak akan menolak jika diberi tanda terimakasih yang bukan berbentuk karangan bunga :).

(tulisan yang tercipta dalam kondisi hidung mampet dan hati dipenuhi rasa bersalah karena hari ini pake tissue banyak banget :'( )

9 comments:

Unknown said...

Makanya pake sapu tangan aja, cuman satu dan gak usah menambah volume sampah.

Tapi tentu saja jangan lupa dicuci...da geuleuh oge ari virusnya ditumpuk di sapu tangan...

Zakka Fauzan Muhammad said...

Tisu...

Rani! said...

cara penulisan yang benar untuk kata 'tissue' dalam Bahasa Indonesia itu bagaimana sih?

kayaknya 'tisu' deh.

ih, uti punya blog ga bilang-bilang!
nge-link juga ga bilang-bilang!
sombooooooong lah sekarang mah...

;P

miaji said...

Emang ada fakta yang nyebutin ga, berapa lembar tisu yang dihasilin dari 1m kubik pohon?
Penasaran aja..

Bener tuh kata puput.. pake sapu tangan.. atau, ke toilet aja, buang ingus disana..

Btw, sy baru tau ada produsen tisu baru yang bikin kemasan isi 500.. Pemborosan banget ya. Padahal kalo dari harga mah murah..

Btw, tissue dalam b.inggris artinya ada dua ya? tisu dan pembuluh darah.. Bener ga sih?

Pradnya said...

@miaji:
iya, tissue juga artinya jaringan (bukan pembuluh darah ajah)

belom ada sih yang survey sedetil ituh, iya jadi pengen tau juga..

Unknown said...

kalo yang sana di-updatenya sebulan sekali... yang ini udah gak pernah diupdate lagi...

dasar ya si mbak ini... udah mending ditutup aja mbak, daripada gak dipertanggungjawabkan keberadaannya ^^

piqs said...

hoo,, blogwalking,, salam kenal! wah,, ngomongin flu,, emang sedang musimnya yak?? aku juga sedang flu,, tapi jarang pake tisu. flush aja di kamar mandi, hwahahahaa..

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If ossible gives a last there on my blog, it is about the Aparelho de DVD, I hope you enjoy. The address is http://aparelho-dvd.blogspot.com. A hug.

Tira Soekardi said...

lebih baik pake saputangan tp nyucinya itu yg bkn jijik....